Pendidikan Sastra Anak Pada Dongeng Semut Yang Sombong dan Persahabatan Semut dan Merpati Karya Ihsan Fauzi
Abstract
In this study, fairy tales become objects of research that are analyzed and interpreted according to the circumstances of the tales. The method used in this research is descriptive method. The purpose of this study is to describe the value of children's literary education contained in these fables. Based on the analysis of the arrogant Ants tale and the Friendship of Ants and Merpati by Ihsan Fauzi, it can be concluded that in the tale there is educational value in children's literary works, namely exploration and discovery, language development, development of beauty values, and the cultivation of multicultural insights. One of children's literary education about manners teaches morals and manners to children. The value of literary education in the work can be an example and a lesson in educating a child, so that the child grows in authority through literary reading, namely fairy tales
Abstrak
Pada penelitian ini, dongeng menjadi objek penelitian yang dianalisis dan diinterprestasikan sesuai dengan keadaan dongeng tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai pendidikan sastra anak yang terdapat pada dongeng tersebut. Berdasarkan analisis pada dongeng Semut yang Sombong dan Persahabatan Semut dan Merpati karya Ihsan Fauzi dapat disimpulkan bahwa di dalam dongeng tersebut terdapat nilai pendidikan pada karya sastra anak, yaitu eksplorasi dan penemuan, perkembangan bahasa, pengembangan nilai keindahan, dan penanaman wawasan multikultural. Salah satu pendidikan sastra anak tentang budi pekerti mengajarkan moral dan sopan santun kepada anak. Nilai pendidikan sastra pada karya tersebut dapat menjadi contoh dan pelajaran dalam mendidik seorang anak, sehingga anak bertambah wawasanya melalui bacaan sastra yaitu dongeng.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfian Rokhmansyah. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Burhan Nurgiyantoro. 2010. Sastra Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Burhan Nurgiyantoro. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Ihsan Fauzi. 2015. Dongeng Anak Paling Menajubkan. Surakarta: Visi Mandiri.
Kurniawan, Heru. 2009. Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotika, Hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta:Graha Ilmu
Nyoman, Kutha Ratna. 2009. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Gama Media.
Rumidjan. 2013. Dasar Keilmuan dan Pembelajaran Sastra Anak SD. Malang: FIP UM
Sarumpet, Riris Toha. 2010. Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Wahono. 2007. Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas IX. Bandar Lampung: CV Gita Perdana.
DOI: https://doi.org/10.26499/kelasa.v14i1.82
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Kelasa Indexed By








This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
@2019
KANTOR BAHASA PROVINSI LAMPUNG
Kompleks Gubernuran, Jalan Beringin II No. 40, Kec. Telukbetung Selatan, Bandarlampung, Lampung 35221
View My Stats