NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERPEN-CERPEN KARYA RAUDAL TANJUNG BANUA

Mulyanto Widodo, Dedi Febriyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam cerpen-cerpen karya Raudal Tanjung Banua. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah kumpulan cerpen Cerita-Cerita Kecil yang Sedih dan Menakjubkan karya Raudal Tanjung Banua. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membaca dan memahami cerpen secara teliti, serta melakukan pencatatan terhadap nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam cerpen. Analisis data dilakukan berdasarkan teori Miles dan Huberman, yaitu: (1) melakukan identifikasi terhadap cerpen, (2) melakukan reduksi data, (3) menyajikan data, (4) menginterpretasikan data, (5) menyimpulkan. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa cerpen-cerpen karya Raudal Tanjung Banua yang dianalisis mengandung  nilai-nilai pendidikan karakter, seperti nilai: (1) demokratis, (2) religius, (3) peduli sosial, (4) rasa ingin tahu, (5) menghargai prestasi, (6) komunikatif, (7) peduli lingkungan, (8) gemar membaca, (9) kreatif, (10) nasionalisme, dan (11) kerja keras. Nilai-nilai tersebut berpadu apik dengan rangkaian cerita di dalam cerpen yang tersampaikan secara tersirat dan tersurat.

Keywords


nilai, pendidikan karakter, cerpen

References


Banua, R. T. (2020). Cerita-Cerita Kecil yang Sedih dan Menakjubkan. Akar Indonesia.

Badan Penelitian dan Pengembangan Riset Kurikulum (2009). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Darmodiharjo, D., & Shidarta. (2010). Pokok-pokok Filsafat Hukum. Jakarta: Gramedia Utama.

Fitri, Z. A. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamdani, S., & Gani, E. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerpen Koran Harian Singgalang Periode Januari-April 2019. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(3), 423-429.

Hartono. (2014). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Jnana Budaya, 19(2), 259–268.

Koesoema, D. A. (2011). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Nurgiyantoro, B. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Maja Universiti Press.

Nurhayati, G. (2012). Apresiasi Prosa Fiksi. Surakarta: Cakrawala Media.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhardi, S., & Thahirah, A. (2018). Nilai Pendidikan Karakter pada Cerpen Waskat Karya Wisran Hadi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 18(1), 114-122.

Suharso., & Retnoningsih, A. (2020). Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Lux. Semarang: Widya Karya.

Yulianto, A., Nuryati, I., & Mufti, A. (2020). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(1), 111–124.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.26499/kelasa.v17i1.293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Kelasa Indexed By

PKP IndexCrossrefCrossrefOne SearchMorarefRoad

 

 

 

 Creative Commons License  

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


@2019 


KANTOR BAHASA PROVINSI LAMPUNG

Kompleks Gubernuran, Jalan Beringin II No. 40, Kec. Telukbetung Selatan, Bandarlampung, Lampung 35221 

 

View My Stats