AKTUALISASI DIRI TOKOH UTAMA DALAM FILM DI BAWAH UMUR KARYA EMIL HERADI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik aktualisai diri dari tokoh utama dalam film Di Bawah Umur karya Emil Heradi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra, teori psikologi humanistik Abraham Maslow. Data penelitian ini berupa kutipan dialog dan cuplikan adegan pada film Di Bawah Umur karya Emil Heradi yang berkaitan dengan proses aktualisasi diri tokoh utama. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi teori. Hasil penelitian ini ditemukan 16 karakteristik pengaktualisasian diri yang tercermin melalui tindakan dan ucapan tokoh utama dalam film Di Bawah Umur karya Emil Heradi yang meliputi: berorientasi realitas; menerima diri sendiri, orang lain, dan alam sekitar apa adanya; spontan, sederhana, dan alami; lebih problem centered alih-alih self centered; berpendirian kuat dan membutuhkan privasi; lebih otonom (berdiri sendiri); memahami orang dan sesuatu secara segar dan tidak stereotip; memiliki pengalaman mistikal atau spiritual; mengenal harkat kemanusiaan, memiliki minat sosial; memiliki hubungan antarpribadi yang akrab; memiliki nilai dan sikap demokratis; tidak mencampur antara sarana-tujuan, baik-buruk; memiliki rasa humor yang filosofis, tidak berlebihan; kreatif; menolak bersetuju dengan kebudayaan; luluh dengan lingkungan alih-alih sekadar menanganinya.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alfathoni, Muhammad Ali Mursyid, dan D. M. (2020). Pengantar Teori Film. Deepublish.
Alwisol. (2018). Psikologi Kepribadian. UMM Press.
Anggito, A. dan J. S. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. CV Jejak.
Ayu Pratiwi, D. (2020). Proses Aktualisasi Diri Tokoh Made Dalam Novel Putih Biru Karya Arya Lawa Manuaba: Kajian Psikologi Abraham Maslow. Bapala, 7(3), 1–12. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/34111/30399
Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46–62.
Bimo, W. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Andi Offset.
Fatwikiningsih, N. (2020). Teori Psikologi Kepribadian Manusia. Penerbit Andi.
Fitriani, E. (2020). Analisis Psikologi Tokoh Utama dalam Film Bumi Manusia Karya Pramodya Ananta Toer dan Relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(1), 231–240.
Hadori, M. (2015). Aktualisasi Diri (Self-Actualization); Sebuah Manifestasi Puncak Potensi Individu Berkepribadian Sehat. Lisan Al-Hal, 9(2), 207–223.
Juminartanti, D. dan M. M. (2017). Seloka : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Aktualisasi Diri Tokoh Utama Pria dalam Novel Trilogi Makrifat Cinta Karya Taufiqurrahman Al-Azizy. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 85–92.
Minderop, A. (2016). Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Pustaka Obor.
Mulyadi, S. dkk. (2016). Psikologi Kepribadian. Gunadarma.
Rosyidi, H. (2015). Psikologi Kepribadian: Paradigma Traits, Kognitif, Behavioristik dan Humanistik). Jaudar Press.
Sanjaya, W. (2015). Penelitian Pendidikan (jenis, metode dan prosedur). Kencana.
Triantono, T. (2013). Film Sebagai Media Belajar. Graha Ilmu.
Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Kencana.
DOI: https://doi.org/10.26499/kelasa.v17i1.294
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Kelasa Indexed By








This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
@2019
KANTOR BAHASA PROVINSI LAMPUNG
Kompleks Gubernuran, Jalan Beringin II No. 40, Kec. Telukbetung Selatan, Bandarlampung, Lampung 35221
View My Stats