Analisis Tindak Tutur Perlokusi Pada Iklan Minuman Sprite di Televisi
Abstract
Advertising is a news that aims to encourage, persuade the general public to be interested in the goods and services offered. Advertising is often offered through various mass media, such as newspapers, magazines, radio and television. The purpose of this study is to describe the form of speech acts of perlocution in sprite beverage advertisements on television and explain the meaning of speech acts of perlocution in sprite beverage advertisements on television. This research is a type of descriptive research with qualitative methods. The data in this study are utterances or sentences that contain speech acts of perlocution in sprite beverage advertisements on television. While the method of data collection using the technique of listening and note taking. The results of this study indicate that the speech acts of perlocution found in sprite beverage advertisements on television are directive, assertive, declarative, commissive and expressive.
Abstrak
Iklan adalah sebuah berita yang bertujuan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Iklan kerap ditawarkan melalui berbagai media massa, misalnya koran, majalah, radio, dan televisi.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk tindak tutur perlokusi pada iklan minuman sprite di televisi dan memaparkan makna tindak tutur perlokusi pada iklan minuman sprite di televisi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah tuturan atau kalimat yang mengandung tindak tutur perlokusi pada iklan minuman sprite di televisi. Sedangkan metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik simak dan teknik catat. Hasil penelitian ini menunjukkan tindak tutur perlokusi yang ditemukan dalam iklan minuman sprite di televisi, yaitu direktif, asertif, deklaratif, komisif, dan ekspresif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwasilah, A. C. (2014). Beberapa Madhab dan Dikotomi Teori Linguistik. Bandung.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Bugin, B. (2008). Sosiologi Komunikasi (Teori, Paradigma, dan Discourse Teknologi Komunikasi di Masyarakat), Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Damayanti, E. (2019). Kesalahan Penggunaan Bahasa pada Iklan Komersial Media Luar Ruangan di Kabupaten Kediri, 4(2), 23-25.
https://doi.org/10.32938/jbi.v4i2.201
Djajasudarman, F. (2010). Metode Linguistik Ancangan, Metode Penelitian, dan Kajian. Bandung: Refika Aditama.
Djatmika. (2016). Mengenal Pragmatik Yuk!?. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Gunarwan,A.(1994).Pragmatik: Pandangan Mata Burung dalam Soenjono Dardjowijojo (ed) Mengiring Rekan Sejati: Festschrift buat Pak Ton. Jakarta: Unika Atma Jaya.
Hardita, Putra, Rezandra, dan Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.M, M.Hum. (2019). Analisis Tindak Tutur Perlokusi pada Iklan Minuman Bersoda di Televisi. Skripsi Thesis: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Jumanto. (2017). Pragmatik Edisi 2 Dunia Linguistik tak Selebar Daun Kelor. Yogyakarta: Morfalingua.
Jefkins, F. (1997). Periklanan,Edisi ke-3, Jakarta : Erlangga
Mahsun, M.S. (2005). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Rajawali Pers.
Nababan, P.W.J. (1992). Ilmu pragmatic (Teori dan Penerapannya). Jakarta.
Partana, P. (2010). "Pola Tindak Tutur Komisif Berjanji Bahasa Jawa." Jurnal Widyaparwa 38(01).
Rani, dkk. (2010). Analisis Wacana: Sebuah Kajian Bahasa dalam Pemakaian. Malang: Bayumedia Publishing.
Sulfiana dan Cintya Nurika Irma. (2019). "Analisis Fungsi Dan Bentuk Implikatur Dalam Iklan Sprite: Kenyataan Yang Menyegarkan di Televisi "Jurnal Hasta Wiyata,26-32. Retrieved from ile:///C:/Documents%20and%20Settings/User/My%20Documents/Downloads/34-187-1-PB.pdf.
https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2019.002.02.03
Wijana, I Dewa Putu. (1996). Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Yule, George. (2006). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
DOI: https://doi.org/10.26499/kelasa.v15i1.24
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Kelasa Indexed By








This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
@2019
KANTOR BAHASA PROVINSI LAMPUNG
Kompleks Gubernuran, Jalan Beringin II No. 40, Kec. Telukbetung Selatan, Bandarlampung, Lampung 35221
View My Stats